Pendiri Facebook Lebih kaya Dari Pendiri Google


Penjualan saham perdana Facebook pada hari Jumat untuk umum telah menjadikan Mark Zuckerberg, CEO dan pendiri Facebook, sebagai orang terkaya ke-29 di dunia menurut Bloomberg. Kekayaan Zuckerberg ini sedikit di atas kekayaan dua pendiri Google, Larry Page dan Sergei Brin, yang masing-masing berada di posisi ke 30 dan 31 orang terkaya di dunia. Dengan harga saham 38 dolar pada penawaran perdana, Zuckerberg memiliki kekayaan 19,3 miliar dolar, sementara Larry Page memiliki kekayaan 19 miliar dolar dan Sergei Brin sebanyak 18,9 miliar dolar.

Meski begitu kaya, Zuckerberg tidak terlalu memikirkan uang yang dimilikinya. Demikian dikatakan penulis buku The Facebook Effect, David Kirkpatrick. Hal ini merupakan kesuksesan bagi semua orang, dan tak bisa disebut sebagai hal lain.

Kesuksesan penjualan perdana saham Facebook kepada publik ini juga memberikan berkah bagi beberapa orang lain, seperti para co-founder lainnya. Dustin Moskovitz, teman sekamar  di Harvard, memiliki kekayaan 5,1 miliar dolar. Sementara itu Eduardo Saverin, yang telah menanggalkan kewarganegaraan Amerika Serikat, diperkirakan memiliki kekayaan 2,7 miliar dolar. Co-founder lain yaitu Christopher Hughes, memiliki kekayaan sebesar $836 juta dolar.


Investor yang mendapat berkah adalah Peter Thiel. Dengan investasi awal 500.000 dolar di tahun 2004, sekarang dirinya memiliki kekayaan 2,7 miliar dari Facebook. Selain itu ada juga Sean Parker, yang bersama Thiel bertemu Zuckerberg di sebuah restoran Manhattan di tahun 2004. Sean Parker adalah presiden Facebook pertama, dan sekarang memiliki kekayaan 2,8 miliar dolar dari Facebook karena diberi hampir sebanyak 70 juta lembar saham.

COO Facebook, Sheryl Sanberg, juga menjadi billionaire. Sandberg yang pindah dari Google sekarang memiliki 27 juta saham Facebook yang sekarang bernilai 1 miliar dolar. Mark Pincus, pendiri Zynga, juga memiliki 4,3 juta saham Facebook. Berkat Zynga dan Facebook, Pincus memiliki kekayaan 1,3 miliar dolar. Orang terkaya Rusia, Alisher Usmanov, juga memiliki saham Facebook lewat DST Global yang dikontrol Yuri Milner. Dari sana, Usmanov memperoleh 1,1 miliar dolar atas investasi DST Global tersebut.

sumber: http://www.teknoup.com/news/16331/zuckerberg-lebih-kaya-dari-dua-pendiri-google-berkat-ipo-facebook/