Tips Cara Kembalikan Registry Editor Yang Terdisable Oleh Virus

Pernah anda mengalami regedit ter disable oleh administrator ? Hal ini pasti sangat sering terjadi apabila komputer terkena virus, karena secara default Registry editor tidak terkonfigurasi “Not configured”.  Beberapa error yang muncul dalam hal ini adalah “Registry editing has been disabled by your administrator”, “Regedit has been disable by administrator”, “Registry is disable by Admin” & sebagainya. Kita akan membahas bagaimana caranya mengaktifkan kembali registry editor ( enable registry editor ).
Registry editing has beed disabled by your administrator
PREFACE
Registry, dalam platform sistem operasi Microsoft Windows 32-bit, merupakan sebuah basis data yang disusun secara hierarkis yang mengandung informasi mengenai konfigurasi sebuah sistem, mulai dari konfigurasi perangkat keras, perangkat lunak, asosiasi ekstensi berkas dengan aplikasinya hingga preferensi pengguna. Registry merupakan pengganti berkas-berkas konfigurasi *.INI yang digunakan dalam sistem Windows 16-bit (Windows 3.x dan Windows for Workgroups). Registry, pertama kali diperkenalkan di dalam sistem Windows 16-bit sebagai penampung informasi mengenai pemetaan/asosiasi ekstensi berkas dengan aplikasinya, dan kemudian dikembangkan menjadi basis data dengan cakupan yang luas pada sistem-sistem operasi keluarga Windows NT. Registry juga kemudian digunakan pada sistem operasi kelas rumahan: Windows 95, Windows 98 dan Windows ME, tapi memang implementasi yang cukup bagus dari registry terdapat di dalam keluarga sistem operasi Windows NT.
Registry dalam Windows 16-bit
Registry dalam sistem Windows 16-bit (dimulai pada Windows 3.x) berguna hanya untuk menyimpan asosiasi ekstensi berkas dengan aplikasinya, serta asosiasi objek OLE di dalam dokumen dengan aplikasinya. Implementasi ini masih terbilang sederhana, karena jika dibandingkan dengan registry dalam Windows NT dan Windows 9x, asosiasi ekstensi berkas dan objek OLE hanya memakan satu anak pohon (subtree) saja, yakni di dalam HKEY_CLASSES_ROOT.

Registry dalam Windows 9x
Dalam sistem operasi Windows 95, Windows 98, dan Windows Millennium Edition, struktur registry secara logis sama dengan struktur registry dalam Windows NT, tapi tidak kompatibel secara fisik. Dalam sistem operasi ini terdapat sebuah anak pohon tambahan, yakni HKEY_DYN_DATA yang dibuat secara dinamis dan digunakan untuk mengukur performa serta melakukan konfigurasi perangkat keras Plug and Play. Windows 9x menyimpan registry di dalam dua buah berkas, yakni %WINDIR%\system.dat dan %WINDIR%\user.dat. System.dat mengandung informasi mengenai sebuah komputer tertentu, sementara user.dat mengandung informasi mengenai sebuah profil milik pengguna. Ketika booting, Windows 9x akan memuat registry ke dalam ruangan kernel di dalam memori fisik.

Registry dalam Windows NT
Registry dalam Windows NT, Windows 2000, Windows XP dan Windows Server 2003 terbagi secara logis ke dalam lima buah anak pohon (subtree), yang setiap pohon tersebut mengandung kumpulan kunci (key) dan anak kunci (subkey) yang disusun secara hierarkis. Susunan ini sama dengan susunan direktori dalam sistem berkas. Sementara itu, secara fisik, registry terdiri atas beberapa berkas yang disebut sebagai hive dan berkas catatan transaksi (transaction log) untuk setiap hive-hive tersebut yang disimpan di dalam direktori %systemroot%\system32\config.
(Sumber: id.wikipedia.org)

MANUAL CARA 1

  1. Siapkan notepad & buka notepad
  2. Pastekan code berikut:
  3. [HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System]
    “DisableRegistryTools”=dword:00000000
  4. Kemudian simpan file tersebut dalam *.reg, misalkan: “enable.reg” save all file.
  5. Untuk menjalankan tinggal di Klik 2x, dan langsung aja klik Ok

MANUAL CARA 2

  1. Langsung aja klik START -> RUN (Klo di windows 7 di Search Box) -> Ketikkan gpedit.msc

  2. Menjalankan gpedit.msc
  3. Kemudian akan muncul layar Local Group Policy Editor, kemudian pilih User Configuration
  4. Local Group Policy
    Merubah konfigurasi registry
  5. Rubahlah konfigurasi Enable menjadi Disable atau Not configureddua-duanya bisa digunakan.
  6. Registry Editor
  7. Selesai, konfigurasi sudah dalam keadaan Disable.
  8. Registry sudah bisa digunakan
Selamat, anda sudah bisa mengakses registry editor (regedit) kembali.
Enjoy & eat it :)


0 komentar:

Post a Comment

Buat yang mau komen silakan tapi jangan Nyepam ya...